Tuesday, June 11, 2013

a little adventure with a mission

Lupus on a mission: goes to nature!

Mei 2013

Bulan Mei bisa dibilang istimewa untuk seorang lupie karena perayaan Hari Lupus Sedunia yang jatuh di tanggal 10 Mei. Sejujurnya, saya benar-benar lupa. Kesadaran itu muncul di awal Juni ketika secara tak sengaja membaca sebuah artikel mengenai kegiatan Yayasan Lupus Indonesia (YLI) dalam menyambut Hari Lupus Sedunia (klik di sini untuk membaca artikelnya). Tema perayaan di Indonesia tahun ini sukses menarik mata saya dalam sekejap: Lupus goes to nature! 

Kenapa menarik? Karena sungguh sebuah kebetulan!

Alkisah, di awal Mei saya dan beberapa teman berencana untuk berkunjung ke lereng Gunung Gede Pangrango tak jauh dari Jakarta. Untuk kepentingan tulisan ini, percayalah, saya sama sekali bukan orang yang gemar naik gunung. Kalau disuruh menjawab pertanyaan klasik "Pilih mana, gunung atau pantai?", serta merta saya menjawab 'pantai' tanpa keraguan sedikit pun. Ya, teman-teman saya bahkan memasukkan saya ke dalam golongan anak pantai.

Kunjungan pertama ke lokasi tersebut beberapa tahun yang lalu sejujurnya adalah pengalaman yang tak membanggakan. Rasanya mau pingsan saja! Tapi entah mengapa, kali ini saya cukup bersemangat walaupun tetap meragukan kemampuan diri untuk menaklukkan medan menanjak dan hawa dingin yang tak pernah menjadi teman baik untuk seorang lupie macam saya.

Entah nekad atau penasaran, toh akhirnya saya pergi juga. Perjalanan naik menuju area camping ground dengan berjalan kaki sekitar 1 jam pun setali tiga uang dengan kunjungan pertama, bahkan cenderung lebih bersusah payah. Tak hanya kedua lutut yang rasanya hampir copot, tapi juga ditambah nafas yang tersengal dan sesak amat sangat. Ah...

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.
Ah, semua sakit di awal terobati dengan pemandangan ini....

Hello there!

Kembali ke soal kebetulan di atas.
Bukankah suatu kebetulan yang menyenangkan mengetahui bahwa saya pun melakukan kegiatan yang sama dengan tema peringatan Hari Lupus Sedunia kali ini? Padahal, saya tak tahu sama sekali mengenai "Lupus goes to nature" sebelum perjalanan 2 hari itu. Hitung-hitung, saya ikut ambil bagian dalam perayaannya walaupun secara tak sengaja. Ah, mungkin itulah mengapa saya yang tergolong "anak pantai" ini mendadak niat betul menengok gunung J

It's indeed a milestone for me. 
"Lupus goes to nature" adalah tema yang menarik untuk menumbuhkan semangat dan harapan bagi setiap orang yang hidup dengan Lupus: bahwa tak ada alasan untuk tidak menikmati aktivitas di alam bebas. Yup, di hari-hari terkelam saya, saya pun kerap mengeluhkan kondisi badan yang tak lagi seoptimal dulu. Dan ya, fakta itu pun tak pelak mengubah rutinitas saya sedikit banyak. Tapi tentunya, tak tertutup kemungkinan untuk menikmati berbagai aktivitas...bahkan yang melibatkan aksi menanjak dan menembus belantara hutan sekali pun.

Sekali lagi...it's indeed a milestone J

No comments:

Post a Comment